2022

Dampak Nyata Globalisasi Terhadap Kehidupan Dunia

Dampak Nyata Globalisasi Terhadap Kehidupan Dunia
Dampak Nyata Globalisasi Terhadap Kehidupan Dunia
Dampak positif globalisasi bagi kehidupan dunia tentu ada banyak sekali menyerupai yang telah kita ketahui bersama. Oleh lantaran itu kita harus bisa mengoptimalkan dampak dan efek positif dari globalisasi ini untuk kemaslahatan kita tiruana yang ada dibumi yang kita cintai ini. Dan inilah goresan pena mengenai aneka macam amcam beresiko positif globalisasi terhadap kehidupan dunia, silahkan disimak baik-baik infonya.

 bagi kehidupan dunia tentu ada banyak sekali menyerupai yang telah kita ketahui bersama Dampak Positif Globalisasi Terhadap Kehidupan Dunia
Source : https://www.flickr.com/photos/naradharma/6885959048/

Sebelum kita membahas ludang kecepeh jauh mengenai dampak dan efek positif dari globalisasi, ada baiknya kita mengenali pengertian dari globalisasi itu sendiri. Pengertian globalisasi berdasarkan Martin Albrow dan Elizabeth King yaitu tiruana yang menyatukan penduduk dunia menjadi satu masyarakat dunia yang tunggal. Perlu diketahui bahwa keduanya yaitu sosiolog yang begitu dikenal dan banyak dipakai dari Inggris.

Sedangkan pengertian yang dinyatakan oleh media Wikipedia yang merupakan situs ensiklopedia online terbesar dikala ini yaitu sebuah proses integrasi internasional yang terjadi lantaran pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran, dan aspek-aspek budaya lainnya. Dengan adanya globalisasi menyerupai ini dunia seakan-akan menjadi bersahabat dan tidak ada pemisah antara tempat yang berbeda.

Baca Juga : Berbagai Macam Dampak Negatif Globalisasi

Dampak Positif Globalisasi

Dampak Positif Globalisasi Bagi Kehidupan

1. Informasi Semakin Praktis Didapatkan

Sudah menjadi belakang layar umum bahwa globalisasi sangat kuat positif terhadap keterbukaan informasi, dimulai dengan kemunculan media-media cetak hingga dikala ini teknologi internet yang semakin berkembang. Saat ini memperringan dan sepele sekali kita untuk meng-update informasi, isu apapun bisa hingga kepada kita dari gadget yang ada ditangan kita contohnya saja seputar pendidikan, pengetahuan, dll.

2. Komunikasi Semakin Praktis dan Cepat

Dampak positif lainnya yang bisa kita rasakan dari globalisasi yaitu kememperringan dan sepelekan dalam komunikasi, selain itu aksesnya pun semakin cepat dan murah. Dahulu untuk memberikan pesan dari satu tempat ke tempat lainnya butuh berhari-hari lamanya dengan memakai kurir, namun dikala ini hanya hitungan menit bahkan detik kita sudah bisa berkomunikasi dengan orang lain walaupun jauh jaraknya.

3. Pesatnya Perkembangan Ilmu Pengatahuan dan Teknologi.

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa dampak dan efek positif dari globalisasi ini bisa menciptakan semakin pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi didunia ini khususnya lagi dinegara berkembang menyerupai Indonesia. Tidak sedikit orang Indonesia yang menimba ilmu dinegara-negara maju yang nantinya ilmunya akan diaplikasikan disini, begitu juga dengan transfer knowledge perusahaan asing.

4. Perkembangan Perekonomian yang Semakin Menggeliat.

Salah satu beresiko positif kedatang an globalisasi bagi perekonomian yaitu semakin berkembang dan menggeliatnya perekonomian sebuah negara, hal ini tentunya dikarenakan semakin banyak modal yang masuk ke sebuah negara tersebut contohnya uang, teknologi, sumber daya, dan yang lainnya. Hal ini tentunya baik untuk membuka lapangan pekerjaan dan mengurangi tingkat pengangguran.

5. Meningkatkan Taraf Hidup Masyarakat

Pengaruh positif dari globalisasi yang sebelumnya dibahas yaitu meningkatkan perekonomian sebuah negara yang pada akibatnya sanggup menciptakan peningkatan terhadap taraf hidup masyarakat. Keadaan yang menyerupai ini akan menciptakan negara semakin aman, damai, dan tentram lantaran bisa menurunkan tingkat kriminalitas dinegara tersebut menyerupai pencurian, pembunuhan, korupsi, dan lainnya.

6. Membuat Pasar yang Ludang kecepeh Luas

Dalam bidang ekonomi atau bisnis, globalisasi begitu memmemberikankan dampak yang besar salah satunya diantaranya lagi yaitu sanggup membuka pasar yang ludang kecepeh luas lagi. Dengan kondisi ini diperlukan Indonesia bisa berbicara banyak dengan mengekspor produk-produk dalam negari ke dunia internasional sehingga sanggup menciptakan surplus neraca perdagangan kita dan tentunya baik untuk ekonomi kita.

7. Berkembangnya Dunai Pariwisata (Turisme)

Globalisasi sangat berberesiko positif bagi perkembangan dunia pariwisata dan turisme di suatu negara, tak terkecuali di Indonesia. Tempat-tempat wisata di Indonesia semakin dikenal masyarakat dunia lewat aneka macam macam teknologi menyerupai internet misalnya. Ketahuilah bahwa banyak sekali tempat-tempat wisata didaerah terpencil di Indonesia yang dikunjungi turis ajaib lantaran hal ini.

Artikel Lainnya : Mengenali Arti Dan Ciri-ciri Globalisasi

Bagaimana Menurut Kamu Dampak Positif Globalisasi Bagi Indonesia?

Nah itulah pembahasan mengenai beresiko positif globalisasi terhadap kehidupan dunia termasuk diantaranya bagi Indonesia. Dalam goresan pena kali ini juga dijelaskan pengertian dari globalisasi itu sendiri baik dari sangat menguasainya ataupun dari media. Semoga goresan pena yang begitu ringkas ini bisa memmemberikankan manfaat ilmu dan pengetahuan kepada kalian tiruana para pembaca yang budiman, terima kasih banyak.
Advertisement