2022

Pengertian Globalisasi Serta Pengaruhnya Bagi Kehidupan

Pengertian Globalisasi Serta Pengaruhnya Bagi Kehidupan
Pengertian Globalisasi Serta Pengaruhnya Bagi Kehidupan
Inilah goresan pena mengenai pengertian globalisasi serta pengaruhnya bagi kehidupan dunia yang wajib kau tahu. Kata atau istilah globalisasi merupakan sesuatu yang tidak aneh lagi ditelinga kita, kata atau istilah ini banyak kita lihat atau dengar diberbagai macam media ibarat televisi, radio, buku, internet, koran, majalah dan lain sebagainya. Untuk mengetahui ludang keringh terang lagi seputar pengertian globalisasi dan pengeruhnya terhadap kehidupa, maka simak baik-baik info diberikut ini.

 serta pengaruhnya bagi kehidupan dunia yang wajib kau tahu Pengertian Globalisasi Serta Pengaruhnya Bagi Kehidupan
Source : https://www.flickr.com/photos/74068232@N04/6755833721

Pengertian Globalisasi Serta Pengaruhnya Terhadap Kehidupan

Pengertian Globalisasi

Pengertian Globalisasi Menurut Wikipedia

Wikipedia sebagai ensiklopedia online terbesar dan terpopuler dijagat internet raya memdiberikan pengertian globalisasi sebagai sebuah proses intergrasi internasional yang muncul dikarenakan adanya pertukaran pandangan dunia (hal ini meliputi ilmu pengetahuan dan pandangan masyarakat dunia), produk-produk, ide-ide, dan banyak sekali macam aspek seputar kenidupan sosial dan kebudayaan lainnya.

Terjadinya globalisasi didunia ini telah kita rasakan contohnya dengan adanya kemajuan dalam bidang transportasi dan telekomunikasi yang perkembangannya begitu pesat, mulai dari awal kemunculan telegraf sampai zaman kini yang tidak sanggup lepas dari teknologi internet. Globalisasi bagaikan pisau bermata dua, kemunculannya tidak hanya memdiberikan manfaat yang besar tetapi sanggup juga berakibat negatif. Oleh alasannya ialah itu, kita harus sanggup mengoptimalkan akhir baiknya dan meminimalisir akhir buruknya bagi kehidupan dunia.

Baca Juga : Dampak Positif Globalisasi Bagi Dunia

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

"Globalisasi mempunyai dimensi ideologi dan teknologi, dimensi ideologi yaitu kapitalisme dan pasar bebas sedangkan teknologi ialah teknologi warta yang telah menyatukan dunia."
kaat-kata tersebut dikemukaan oleh Thomas L. Friedman yang mendefiniskan globalisasi itu sendiri. Thomas L. Friedman merupakan salah satu tokoh media paling besar lengan berkuasa masa ini, dia ialah seorang jurnalis, kolumnis dan pengarang buku asal Amerika Serikat. Beliau telah banyak mengeluarkan buku-buku manis dan laku dipasaran, dan yang paling fenomenal ialah bukunya yang berjudul "The World is Flat" yang terbit perdana pada tahun 2005.
"Globalisasi menyangkut seluruh proses yang menyatukan penduduk dunia menjadi satu masyarakat dunia yang tunggal."
Itu merupakan pengertian globalisasi berdasarkan seorang Martin Albrow, dia ialah seorang pakar atau pakar sosiologi yang berasal dari Inggris Raya. Selain itu, dia juga seorang pengajar (dosen) tamu dibeberapa kampus ternama didunia ini, dan juga penulis buku terkenal khususnya buku-buku mengenai sosiologi.
"Sebuah proses yang mengakibatkan sesuatu baik benda maupun sikap sebagai ciri dari setiap individu di dunia ini tanpa dibatasi oleh wilayah."
Itu merupakan definisi dari sebuah globalisasi yang dikemukan oleh seorang tokoh Indonesia yang berjulukan Achmad Suparman. Secara umum pengertian dari globalisasi yang diungkapkan oleh dia sama dengan pengertian yang dikemukakan tokoh-tokoh dunia dan media yaitu bumi ini seperti menjadi satu kesatuan yang begitu akrab dan tidak dibatas oleh wilayah tertentu (tanpa jarak).

Artikel Lainnya : Dampak Negatif Globalisasi Bagi Dunia

Pengaruh Globalisasi Terhadap Kehidupan

Pengaruh Positif Globalisasi Terhadap Kehidupan

Dalam bidang sosial budaya ini globalisasi telah memdiberikan dampak nyata ibarat contohnya pertukaran pelajar antar negara-negara didunia ini yang tentunya saling memdiberikan manfaat, penegakkan atas Hak-hak Azasi Manusia (HAM), memupuk rasa solidaritas antarbangsa dari banyak sekali macam negara didunia, dll.

Untuk bidang ekonomi dampak nyata globalisasi sangat dirasakan contohnya saja pedoman dana atau modal mengalir kedalam negeri yang sanggup dipakai untuk mempercepat atau memperlancar pembangunan negara, selain itu investasi aneh juga sanggup membuka lapangan pekerjaan dan mengurangi jumlah pengangguran.

Dalam segi perpolitikan juga ada pengaruhnya yang diberakibat kedalam dunia politis dalam negeri contohnya saja sistem demokrasi yang diterapkan di Indonesia ini semakin usang semakin baik bahkan diakui dunia bahwa Indonesia mempunyai sistem demokrasi yang baik, selain itu juga meningkatkan kerjasama diplomatik negara.

Selain itu globalisasi juga memdiberikan dampak yang luar kepada ilmu pengetahuan dan teknologi dan ini merupakan dampak yang paling terasa kepada setiap orang. Teknologi semakin megampangkan insan dalam beraktivitas serta teknologi sanggup menghubungkan dunia yang seperti menjadi begitu dekat.

Pengaruh Negatif Globalisasi Terhadap Kehidupan

Dalam bidang sosial budaya globalisasi juga memdiberikan dampak negatif yang harus kita hindari bersama atau jikalau sanggup kita hilangkan saja contohnya merebaknya sifat individualitis dan ingin menang sendiri, hilangnya bersama-sama dalam masyarakat Indonesia serta semakin lebarnya jurang kesenjangan sosial.

Untuk bidang ekonomi ada juga dampak negatifnya yang tiba ke Indonesia contohnya saja semakin banyak masuknya arus barang-barang dari luar negeri yang mengakibatkan Indonesia mengalami defisit neraca pembayaran, selain itu banyak sumber-sumber daya alam Indonesia yang dinikmati atau dikuasai oleh asing.

Dalam segi perpolitikan dinegari ini juga ada penagruhnya dari globalisasi dunia, contohnya saja ancaman-ancaman disintegrasi bangsa (kita sanggup berkaca dari lepasnya Timor Timur dari pangkuan NKRI), lalu seringkali kita lihat demonstarsi yang hampir terjadi disetiap kawasan yang mudharatnya ludang keringh banyak.

Kemudian ada juga dampak negatif dari globalisasi terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi yang seharusnya sanggup kita hindari atau jikalau sanggup kita hilangkan ibarat misanya ketergantungan akan teknologi, kecanduan akan teknologi, meningkatnya tindak kriminalitas yang memakai teknologi, dan banyak lagi.

Bagaimana Menurut Kamu Seputar Pengaruh Negatif Globalisasi?

Nah itulah pembahasan mengenai pengertian globalisasi dan pengarunya terhadap kehidupan dimuka bumi ini. Untuk dampak positifnya supaya sanggup kita optimalkan dari waktu ke waktunya dan untuk dampak negatifnya supaya sanggup kita kikis bertahap atau jikalau sanggup kita hilangkan saja sekalian. Semoga goresan pena singkat ini sanggup berguna untuk kau para pembaca yang budiman.

Advertisement