2022

Memahami Arti Dan Ciri-Ciri Globalisasi

Memahami Arti Dan Ciri-Ciri Globalisasi
Memahami Arti Dan Ciri-Ciri Globalisasi
Tulisan ini akan membahas mengenai arti dan ciri-ciri globalisasi yang bersama-sama bagitu penting untuk kita ketahui dan pahami. Untuk definisi dari globalisasi itu sendiri ada banyak sekali, baik yang dikemukakan oleh media maupun oleh para pakar. Sedangkan untuk ciri-ciri dari globalisasi sejatinya telah kita rasakan bersama, kita tentu mencicipi bahwa ketika ini dunia seakan-akan menjadi sempit dan dekat.

 yang bersama-sama bagitu penting untuk kita ketahui dan pahami Memahami Arti dan Ciri-ciri Globalisasi
Sumber : https://www.flickr.com/photos/74068232@N04/6755833721

Ya, benar sekali bahwa seakan-akan dunia ini menjadi sempit dan dekat. Saat ini kita praktis sekali berafiliasi atau berkomunikasi dengan orang lain yang berada jauh dengan kita contohnya diluar negeri yang jaraknya ratusan bahkan ribuah kilometer dari rumah kita. Untuk ludang keringh jelasnya mari kita bahas ulasan mengenai arti dan ciri-ciri globalisasi diberikut ini, silahkan disimak baik-baik infonya.

Arti dan Ciri-ciri Globalisasi

Memahami Arti Globalisasi Menurut Media dan Ahlinya

Untuk memahami arti dari globalisasi kami mengutip pengertian globalisasi yang dituangkan dalam halaman Wikipedia. Dalam situs tersebut dikemukakan bahwa definisi dari globalisasi yaitu proses integrasi global yang terjadi lantaran pertukaran pandangan politik, produk, pemikiran, dan aspek-aspek kebudayaan lainnya. Itulah arti singkat dari globalisasi yang ditulis didalam halaman Wikipedia.

Seorang pakar dalam hal ini asal Indonesia yang berjulukan Achmad Suparman memdiberikan arti globalisasi sebagai suatu proses menyebabkan sesuatu (benda atau perilaku) sebagai ciri dari setiap individu didunia ini tanpa dibatasi oleh wilayah. Beliau mengemukakan bahwa globalisasi menciptakan sesuatu itu bersifat global (mendunia) tanpa adanya batas-batas kewilayah tertentu (seolah tidak berjeda).

Faktor Pendorong Globalisasi

Sebelum membahas mengenai ciri-ciri globalisasi ada baiknya kita membahas terludang keringh lampau apa yang menjadi faktor pendorong dari globalisasi itu sendiri. Dan inilah beberapa faktor yang menjadi pendorong globalisasi, silahkan disimak informasinya diberikut ini dengan baik, cekidot:
  • Teknologi informasi, berkembangnya teknologi isu yang semakin hari semakin pesat contohnya saja komputer, satelit, internet, dan yang lainnya.
  • Teknologi komunikasi, begitu juga dengan teknologi komunikasi yang semakin usang semakin megampangkan insan menyerupai contohnya handphone.
  • Transportasi, munculnya transportasi yang semakin usang semakin canggih menciptakan insan praktis bepergian dari satu kawasan ke kawasan lain.

Ciri-ciri Globalisasi

Nah inilah goresan pena mengenai ciri-ciri globalisasi yang seharusnya kau tahu, oleh lantaran itu simak baik-baik ulsannya mengenai hal tersebut diberikut ini, cekidot:

1. Perubahan Dalam Konsep Ruang Dan Waktu

Kita tentunya mengetahui bahwa ketika ini teknologi semakin canggih, begitupun dengan produk-produk teknologi tersebut contohnya saja gandphone, satelit, internet dan yang lainnya. Dengan memakai teknologi-teknologi tersebut seakan-akan kita menjadi erat dan proses komunikasi semakin cepat. Bandingkan dengan dulu yang komunikasi membutuhkan waktu usang contohnya dengan surat.

2. Meningkatnya Ekonomi Global

Karakteristik lainnya yang terjadi dari adanya globalisasi yaitu meningkatnya ekonomi internasional. Hal ini dipengaruhi oleh banyak sekali macam faktor contohnya saja perdagangan internasional yang dilakukan oleh banyak sekali macam negara, peningkatan dampak dari banyak sekali perusahaan multinasional (lintas negara) dan juga dominasi dari organisasi semacam World Trade Organization (WTO).

3. Meningkatnya Interaksi Budaya

Terjadinya globalisasi sanggup kita rasakan dengan adanya ciri-ciri globalisasi yang satu ini, ya ini yaitu meningkatnya interaksi budaya. Hal tersebut sanggup terjadi lantaran perkembangan media massa contohnya saja televisi, film, musik, program olahraga dan yang lainnya. Saat ini kita sanggup mendapat pengetahuan mengenai hal itu dengan mudanya contohnya mengenai gaya hidupnya, makanannya, dll.

Tentu masih banyak ciri-ciri atau karakteristik dari globalisasi itu sendiri, contohnya saja permasalahan global yang ditangani secara bersama-sama, contohnya yaitu global warming, krisis global, dan lain sebagainya. Jika kau ingin mendapat isu lainnya mengenai karakteristik dan ciri-ciri dari globalisasi itu sendiri kau sanggup mencarinya di mesin pencari Google dengan mengentikkan kata kunci.

Artikel Lainnya : Faktor-faktor Pendorong Globalisasi

So, Sekarang Kamu Tahukan Arti dan Ciri-ciri Globalisasi?

Nah itulah pembahasan singkat mengani arti dan ciri-ciri globalisasi yang seharusnya kau tahu sebagai tumpuan atau materi untuk mengerjakan kiprah mengenai hal-hal yang berafiliasi dengan globalisasi. Semoga goresan pena singkat ini sanggup memdiberikan manfaat kepada kalian tiruana khusunya menambah khazanah pengetahuan kau seputar penetahuan umum dan sosial khusunya globalisasi.
Advertisement