2022

5 Referensi Globalisasi Dalam Bidang Budaya

5 Referensi Globalisasi Dalam Bidang Budaya
5 Referensi Globalisasi Dalam Bidang Budaya
Tulisan yang satu ini akan membahas secara singkat namun terang mengenai banyak sekali macam contoh globalisasi dalam bidang budaya, kami akan memdiberikan misalnya kepada kau tiruana setidaknya lima contoh. Contoh yang kami sajikan tentunya sesuai dengan fakta kan mungkin kau jumpai sendiri dalam kehidupan kau sehari-hari. Dan inilah 5 contoh globalisasi dalam bidang budaya, so silahkan simak baik-baik informasinya yang diberikut ini check this out:

Source : https://www.flickr.com/photos/qqjawe/6511141237

1. Meningkatnya Imigrasi

Bukan sesuatu yang aneh lagi bahwa tiap tahunnya Indonesia kedatangan jutaan orang asing, termasuk turis asing didalamnya. Tentunya mereka membawa budayanya masing-masing dan kita harus bisa menfilter budaya yang masuk.

2. Masuknya Mode-mode Luar Negeri

Salah satu pola globalisasi dalam bidang budaya ialah masuknya mode-mode luar negeri ke tanah air. Saat ini mode-mode yang sedang trand di Indonesia ini ialah mode-mode dari Korea, Jepang dan tentunya Amerika Serikat.

3. Tumbuh dan Berkembangnya Budaya Asing

Budaya asing yang tumbuh di Indonesia tidak bisa dihindari, salah satunya misalnya ialah budaya KPop dari Korea Selatan. Sisi positifnya harus kita optimalkan, sedangkan sisi negatifnya harus kita membuang jauh-jauh dari Indonesia.

4. Terkikisnya Kebudayaan Nasional

Contoh lain dari globalisasi budaya yang sangat disayangkan ialah lunturnya kebudayaan-kebudayaan orisinil Indonesia. Tidak sedikit masyarakat Indonesia yang mempunyai kecenderungan ludang kecepeh suka dengan budaya-budaya asing.

5. Terjadinya Pertukaran Budaya

Salah satu hal yang konkret bagi Indonesia dalam globalisasi ialah terjadinya pertukaran budaya antara Indonesia dengan negara-negara lain. Hal ini semakin meningkatkan eksistensi kebudayaan Indonesia dimata internasional.

Nah itulah beliau beberapa klarifikasi mengenai banyak sekali contoh globalisasi dalam bidang budaya yang mungkin kita juga mengetahui dan berada disekitar kita. Semoga goresan pena singkat mengenai contoh globalisasi dalam bidang budaya ini memdiberikan manfaat kepada kalian tiruana, terima kasih banyak.
Advertisement